Senin, 22 Desember 2008

TRICK....AmAn NyONtEK ''A_A''

Apa yang lebih menyenangkan dari ulangan yang berturut-turut, kecuali trick buat nyontek. Nich...sebagai siswa yang jenius, aku pinggin berbagi trick nyontek yang dijamin jitu. Sebuah tradisi turun-temurun mulai dari zaman Edo sampai zaman Proklamasi dan berkembang pada era Modern saat ini. Yuph...gak cuma Indonesia juga kok yang pernah nyontek, Jepang pun juga pernah nyontek. Gak percaya ??
silahkan tengok sejarah sebelum Jepang di Indonesia, 64 tahun yang lalu....dan apa yang telah dilakukan Eropa pada Era Industri. Jadi menyontek bukan hanya di aplikasikan di atas kertas saja namun juga dalam ke kehidupan umat manusia secara luas. Well, pandangan masyarakat terhadap "Nyontek" indentik dengan pemalas yang tak mau belajar, otak jongkok alias bodoh. Benarkah ??? Tergantung hati nurani dan kondisi anda saat itu'kan??

Pertama, kalo kalo kita mau NYONTEK hal pertama yang musti dilakukan adalah ''Belajar''. Lho mau nyontek kok musti belajar?? Ya, pelajari dulu bahan yang mau dicontek. Misalnya mau menyontek pelajaran sejarah waktu ujian, maka kita musti belajar dulu setidaknya cukup di baca saja referensinya. Setelah itu kita bikin catatan kecil, sekecil tulisan kita asal dapat di baca. Tulis garis besarnya berserta artinya dan kalau mau jitu tulis sesuai dengan bahasa kita sendiri gak usah sama kayak di buku. Tempel double tip dua lapis(doublenya di tumpuk di satu titik), tepat ditengahnya. Nah...setelah itu tempel di dinding tempat tidur usahakan kita dapat membacanya sambil tidur, dengan membuka double tip yang paling atas tadi. Hafalkan apa yang kita tulis. Setelah hafal berarti catatan tersebut siap untuk bahan contekan kalau kita gak hafal waktu ujian. Gimana cara nyontek waktu ujian??? Caranya kita tempel pada sisi meja yang diluar jangkauan pengawas. Tenang, sepanjang gerakan kita tidak mencurigakan pengawas tidak akan tahu. Nah...catatan tadi hanya dilihat kalau kita lupa saja, catatan dapat berupa huruf sandi sehingga sekalipun catatan jatuh tidak ada yang tahu.Hal yang perlu di perhatikan adalah situasi dan kondisi. Kita musti celingak-celinguk liatin sekitar dulu sebelum beraksi, tapi meski gitu ada satu hal yang harus kita waspadai "Pengawas JULING". Berdasar pengalaman pengawas yang seperti itu sulit sekali ditebak dan jangan sampai terjebak
Untuk mata pelajaran eksak kita harus lebih kreatif. Pelajaran matematika dan sejenisnya tidak dapat di hafal namun di pelajari. Cara paling ampuh dalam menyontek yaitu hafalin rumus(yah...tu mah basi) Eith... tunggu dulu, gak hafalin rumus mentah -mentah tapi tipe soal yang musti kita tahu dan hafal. Kita baca referensi contoh soal didalamnya dan tulis dengan bahasa kita sendiri kalo soalnya gini jawabnya gini. Tulis di kertas yang terpotong memanjang sekecil dan sepadat yang kita bisa liat, kemudian gulung seperti kitap gulungan kuno beri double tip pada ujung kertas gulungan yang pertama dan selipkan di dasi kalo dasimu bolong ujungnya.Kalo gak punya dasi yang bisa dimasukin kertas, tempekan di bajumu tepatnya dalam kancing no: 4 dari atas. Jadi kalo kita mau nyontek tinggal tarik..

Nah. . . tu die tips dari aku, kalo ada yang nganggep gak masuk akal coba aja...toh nanti kalo terbukti jitu gak nyesel. Tapi mau nyontek model apa aja, ada hal yang kita gak bisa hindarin yaitu kita musti belajar dulu. Biar sejitu apapun contekan kita, gak akan berhasil kalo kita gak mau belajar karena semua pengetahuan kita dapat dari belajar dan pengalaman. Semales-malesnya kita belajar paling enggak kita musti baca referensinya biar gak buta arah. Ok?!? ^^Selmat mencoba.....;)

Tidak ada komentar: